Sabtu, 28 Mei 2011

bahaya dari ac mobil



Tahukah anda apabila kita hendak menyalakan mesin mobil sebaiknya tidak langsung menyalakan AC. Sebaiknya setelah kita menyalakan mesin mobil kita membuka kaca mobil secukupnya agar udara yang berada di dalam mobil bisa berganti dengan udara yang baru. Dengan membuka jendela juga akan mendinginkan interiuor dalam mobil yang tadinya panas. Hal ini disebabkan karena menurut penelitian, dashboard mobil, sofa, pnyegar udara dapat memancarkan Benzene yang akan menyebabjan toksin yang dihasilkan bau plastic yang dipanaskan didalam mobil saat terjemur.
Parahnya, toksin ini dapat menyebabkan kangker, mengurangi sel darah putih yang sangat dibutuhkan tubuh, dan yang lainnya. Bahkan, toksin ini juga dapat menyebabkan wanita hamil menjadi keguguran.
Semakin panas mobil terjemur maka semakin tinggi juga Benzene yang akan dihasilkan.
Selain itu AC mobil juga memang berbahaya bila digunakan cukup lama apabila dalam keadaan yang tidak bergerak. Pengendara bisa keracunan gas karbon monoksida yang dapat menyebabkan kematian cepat maupun perlahan. Penyebabnya adalah keluarnya gas beracun tersebut pada system pembuangan yang tidak berfungsi dengan baik karena pipa pembuangan yang bocor. Nah ketika pengemudi menghidupkan AC dalam waktu yang lama, apalagi mobil yang keadaannya rapat dan tidak bergerak secara otomatis sirkulasi udara tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini yang membuat gas beracun itu akan tercambur didalam mobil. Gas beracun ini sangat berbahaya, karena orang yang menghidupnya dalam jangka waktu lama akan berakhir dengan kematian.
Gas beracun ini cepat sekali menyingkirkan oksigen sehingga menghalangi hempglobin mengikat oksigen. Karena hemoglobin tidak mengikat oksigen maka berbahaya bagi jaringan dalam tubuh. Hal ini lah yang akan mengakibatkan kematian.
Jadi, untuk keselamatan kita penngemudi dan juga penumpang didalam mobil, sebaiknya AC mobil jangan langsung di operasikan pada saat mesin baru dinyalakan. Selain itu, AC mobil jangan dioperasikan apabila sedang berada di dalam keadaan yang tertutup seperti garasi dan basement. Ac mobil juga jangan dioperasikan pada saat kendaraan tidak bergerak agar kita terhindar dari hal-hal buruk.
from : http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2011/01/08/bahaya-ac-mobil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar